Kunjungan TechnoNatura Ke Simulator Hercules TNI AU Halim Perdana Kusumah

MA

Kunjungan Siswa MIT ke Simulator Hercules TNI AU Halim PK

Dalam rangka Thema Rekayasa, khususnya perancangan Simulator Pesawat Terbang, siswa siswi TechnoNatura mendapatkan sebuah kesempatan yang sangat langka yaitu berkunjung langsung ke Simulator Pesawat Hercules H130 TNI AU di Fasilitas Latihan Wing I Lanud Halim PerdanaKusuma. Sebuah peluang belajar yang sangat sulit didapatkan, dimana siswa dapat belajar langsung dengan berdiskusi serta ikut terbang bersama Penerbang/pilot yang mengoperasikan simulator serta bersentuhan langsung dengan sebuah karya teknologi masterpiece simulator canggih pesawat Hercules buatan Kanada yang sangat baik.

A

A e depan

Sebuah simulator pesawat Hercules TNI AU digunakan untuk melatih para penerbang/pilot TNI AU untuk meningkatkan skills dalam menghadapi kondisi terbang yang extreem. Dengan simulator ini para penerbang dapat melakukan simulasi emergensi yang paling berbahaya sekalipun. Contohnya bila kabel tuas gas (throttle) putus sehingga begitu digerakkan, reaksinya hilang. Bagaimana cara menanggulanginya? Pada latihan terbang di simulator ini dapat dibuat beragam kendala terbang dengan beragam kesulitan yang tak mungkin dilakukan dengan pesawat sesungguhnya, Simulasi bila terjadi kebakaran pada mesin, mesin mati, latihan air refuelling (isi bahan bakar di udara), terbang malam, terbang dalam kondisi alam buruk, simulasi es (icing), berlatih mendrop barang pada ketinggian rendah (LAPES- low altitude parachute extraction system), terbang formasi dalam jarak dekat hingga lebih delapan pesawat, dan simulasi berbahaya lainnya merupakan beberapa skenario yang dapat diterapkan dan diberikan sebagai pelatihan bagi Pilot pesawat hercules pada simulator ini. Siswa dan siswi TechnoNatura mendapat kesempatan untuk ikut terbang dalam simulator yang memiliki 6 derajat Kebebasan ini, siswa siswi dapat merasakan pada terbang simulasi, bagaikan terbang sungguhan seluruh gerakan pesawat terasa seperti sungguhan, baik hentakan, maupun getaran di ruang cockpit pesawat ini.

MA

MA

MA

MA

Di akhir kunjungan siswa siswi TechnoNatura mempersembahkan tanda ucapan terimakasih kami kepada Komandan WIng 1 Lanud Halim PK, atas waktu dan peluang yang telah diberikan dalam pembelajaran Rekayasa ini.

MA Semoga pembelajaran ini mampu membuka mata dan semangat siswa TechnoNatura bahwa banyak peluang untuk anak muda Indonesia untuk menciptakan alat sejenis yang memang diperlukan bangsa ini.. salam

Theme by Danetsoft and Danang Probo Sayekti inspired by Maksimer