Pekan Rekayasa Melanjutkan Pembuatan Eco Bot (Adley level 7)

Melanjutkan Pembuatan eco bot

Adley Ahlan Hendrawan

Assalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakaatu…

Pekan rekayasa….. tema yang awalnya aku tunggu – tunggu dan sangat kunantikan, sekarang aku sudah tidak sesenang / sesemangat dulu lagi dalam menghadapi tema ini, karena memang kegiatan sebenarnya tidak “seseru” yang ku bayangkan. Bayanganku bukan “tema ini mudah, jadi bisa senang – senang”, tetapi aku tetap menganggap ini serius dan tidak main – main tapi tetap saja aku tidak dapat menikmati tema rekayasa yang sudah berjalan beberapa minggu ini di bagian pembuatan laporan / sebutan kerennya proposal. Untungnya minggu ini kegiatannya adalah pembuatan eco bot, jadi untuk sementara bisa terhindar dari pembuatan proposal.

Sedikit spoiler, di akhir pekan rekayasa pembuatan eco bot ini, kak Syaiful memberitahu level 7 untuk cerita 500 kata di pekan ini lebih menceritakan projek masing – masing (untuk kelompokku projek eco bot), jadi ceritanya harus lebih detail ke arah eco bot.

Oh iya, level 7 tidak hanya menjalankan projek eco bot saja, level 7 mempunyai 2 projek yaitu eco bot dan weather balloon. Kemudian dari 2 projek itu awalnya dibagi menjadi 4 kelompok, 2 eco bot dan 2 weather balloon, tetapi di minggu ini kak Syaiful memberitahu agar ke 4 kelompok tersebut dijadikan 1 sesuai projeknya, jadi projek eco bot ada 1 kelompok dan projek weather balloon ada 1 kelompok.

Aku sangat bersyukur projek eco bot kelompoknya disatukan, karena kelompokku dan kelompok eco bot 1 lagi dapat bekerja sama dan dengan bergitu alat – alat serta dana yang dibutuhkan lebih sedikit.

Rencananya, eco bot yang kami ingin buat adalah EcoBot jenis terrarium seperti sudah dibuat pendahulu kami di technonatura pada tahun 2010 dibuat oleh 2 siswi TechnoNatura yang berfungsi untuk mengatur suhu udara, tingkat kelembaban, volume air, hingga beragam kebutuhan ikan.

EcoBot yang akan kami buat berjenis terrarium tertutup yang dapat mengatur ekosistem di dalam terrarium secara otomatis seperti mengatur suhu terrarium, kedalaman air, kejernihan air, kelembaban, dan kebutuhan – kebutuhan hewan.

Kebanyakan orang lupa untuk memberi makan hewan peliharaannya, malas menguras kolam sehingga menyebabkan hewan peliharaan tersebut mati, karena itu kami ingin membuat Terrarium yang bisa memberi makan secara otomatis serta berbagai kebutuhan hewan peliharaan lainnya.

Kami ingin memudahkan para pemelihara hewan khususnya penggemar hewan untuk merawat hewan peliharaan mereka saat sedang sibuk atau bepergian sehingga tidak dapat merawat hewan peliharaan.

Fungsi – funsi eco bot yang kami ingin buat adalah: Mengatur suhu Terrarium, Memberi kebutuhan hewan (makan,  minum, dll.), Mengatur kelembaban, Membuat ekosistem di dalam terrarium seperti kehidupan alami.

Penjelasan di atas adalah penjelasan singkat mengenai eco bot buatan kami. Tetapi setelah proses pembuatan yang berat dan agak terburu – buru, eco bot yang kami buat baru dapat memenuhi 2 fungsi yang ingin kita capai, yaitu mengatur kelembaban tanah, itu pun baru dapat mengeringkan tanah jika terlalu basah (mungkin agak susah jelasinnya tetapi yang jelas ini belum 100 %), mengatur suhu terrarium (ini juga belum 100%).

Ada 1 fungsi lagi yang ingin kami tambahkan yaitu auto feeder, sebenarnya kami sudah berusaha dan memikirkan auto feeder yang bagus tapi mudah dibuatnya, tetapi kami belum dapat membuatnya, menurutku penghambat utama kami tidak dapat menyelasaikan auto feeder dan juga yang lainnya, adalah karena alat – alat yang tidak memadai sehingga kesulitan meneruskan projek.

Pada minggu ini, sebenarnya kami berniat untuk menyempurnakan ecobot yang di pekan kemarin belum 100%, yaitu menambahkan fitur di sensor suhu dan kelembaban serta membuat auto feeder. Menurut aku dan kelompokku, waktu yang tersisa di minggu ini untuk menyempurnakan ecobot sangat sedikit yaitu hanya sekitar 1 – 2 hari (senin – selasa). Kami masih tetap kesulitan seperti yang kami alami di pekan kemarin, untuk sensor kami kekurangan peralatan dan untuk auto feeder kami tidak memiliki ide serta peralatan untuk membuatnya.

 

Theme by Danetsoft and Danang Probo Sayekti inspired by Maksimer